Menu Close

Cegah Virus di rumah selama pandemi, ini tipsnya !

Cegah Virus di rumah selama pandemi, ini tipsnya

Banyak yang tak tahu cara cegah virus di rumah selama pandemi COVID 19 ini. Banyak juga yang abai dan tak peduli. Padahal kunci untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga berawal dari rumah. Virus bisa dicegah dan kekebalan tubuh dibangun dari rumah

Rumah harus menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi kita. Terutama bagi mereka yang sudah berumah tangga dan punya anggota keluarga yang rentan kesehatannya seperti  bayi, balita dan lansia. Membersihkan rumah harus menjadi rutinitas dan disiplin melakukannya. Membersihkan rumah menjadi salah satu hal penting dalam upaya menjaga kesehatan dan pencegahan virus di rumah.

Rumah sebagai lingkungan utama dan tempat menghabiskan banyak waktu bersama keluarga. Terutama saat karantina dan isolasi diri sendiri. Selama pandemi COVID 19 ini rumah juga menjadi tempat bekerja (work from home) atau belajar dari rumah (learn from home). Lantas, aktivitas pembersihan rumah ini seperti apa agar rumah aman dari bakteri dan virus? Berapa kalikah frekuensi kegiatan beres-beres rumah ini?

BACA JUGA : Ingin jadi Pahlawan lingkungan tanpa harus keluar rumah? Lakukan 3 hal ini

DI saat pandemi ini perlu dipertimbangkan frekuensi bersih-bersihnya dan ketelitian terhadap barang-barang yang selama ini bisa jadi terabaikan untuk didisinfektan  s meja, kursi, gagang pintu, sakelar lampu, remote, gagang, meja, toilet dan wastafel.  Perhatian khusus juga perlu dilakukan untuk kamar tidur maupun kamar mandi yang dipakai khusus untuk mereka yang sakit. Semua ini perlu kita pertimbangkan frekuensi pembersihan, karena hal itu bisa mengurangi kontak dengan virus.

Berikut beberapa cara pembersihan beserta disinfektan yang bisa digunakan:

1. Siapkan alat pembersih Anda terlebih dahulu seperti masker, sarung tangan sekali pakai dan larutan pemutih atau disinfektan yang sesuai dengan indikasi efektivitas terhadap virus corona. Dilansir Gov.sg biarkan jendela terbuka untuk ventilasi, dan ingat untuk menghindari menyentuh wajah dan mata Anda.

2. Jika permukaan meja atau kursi kotor, lebih baik terlebih dahulu dibersihkan dengan deterjen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.

3. Untuk proses disinfeksi, bisa menggunakan larutan pemutih rumah tangga yang cair, larutan alkohol dengan setidaknya 70 persen alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar Environment Protection Agency (EPA). Cara menggunakan pemutih untuk disinfektan: – Campurkan 5 sendok makan (1/3 rd cup) pemutih per gallon air atau 4 sendok teh pemutih per liter air. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya

4. Untuk permukaan benda yang lunak (keropos) seperti lantai berkarpet, permadani, dan gorden, bersihkan debu atau kotoran yang tampak dengan pembersih khususnya. Setelah dibersihkan cucilah sesuai instruksi pabrik atau jika memungkinkan cucilah dengan air panas.

5. Gunakan mesin cuci dan deterjen untuk mencuci kain, seperti seprai, sarung bantal, dan selimut. Untuk mencuci pakaian mereka yang sakit, pakailah sarung tangan sekali pakai saat kemudian buang setelah digunakan. Jika tidak ada sarung tangan yang digunakan saat menangani cucian kotor, pastikan untuk mencuci tangan sesudahnya. Jika memungkinkan, jangan kocok cucian kotor. Ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara. Begitu juga dengan mencuci barang-barang. Usahakan sesuai dengan instruksi pabrik. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut.

Kebersihan Penghuni rumah

Selain rumah dan perabotan, penghuni rumah juga harus tetap Jaga Kebersihan Anda

Lakukan langkah-langkah berikut

1. Anggota rumah tangga harus sering membersihkan tangan, termasuk segera setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit, dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.

2. Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak tampak kotor, pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dapat digunakan.

3. Anggota rumah tangga harus mengikuti tindakan pencegahan normal saat bekerja dan di rumah termasuk kebersihan tangan yang direkomendasikan dan menghindari sentuhan mata, hidung, atau mulut.

4. Dijabarkan Centers for Desease Control and Prevention (CDC), bersihkan tangan Anda saat: – Setelah meniup hidung, batuk, atau bersin – Setelah menggunakan kamar kecil – Sebelum makan atau menyiapkan makanan – Setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan – Sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan – Setelah mengantar makan ke kamar orang yang sakit.

5. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan departemen kesehatan setempat tentang pedoman pembuangan sampah jika tersedia

Kunci dari aktivitas pembersihan ini adalah DISIPLIN dan PEDULI. Virus bisa dicegah dan kekebalan tubuh dibangun dari rumah. Rumah adalah KUNCI

Lakukan yang terbaik untuk keluarga dan JAGA KEBERSIHAN RUMAH kita

Perlu bantuan? Chat WA