Cicil Rumah Tanpa DP? Bisa!

Liputan6.com, Jakarta Belum punya rumah? Tunggu apalagi? Sebisa mungkin segera beli rumah mengingat harganya dari waktu ke waktu terus naik. Jangan sampai usia terus bertambah tapi tak kunjung punya rumah. Jika tak mampu beli cash, kredit saja dengan skema KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Apalagi sekarang juga sering ada penawaran kredit rumah tanpa DP dari pengembang.

Ya, sekalipun ada skema cicilan KPR tapi sebagian orang masih terkendala persoalan down payment(DP) atau uang muka untuk pembelian rumahnya. Itu sebabnya beberapa pengembang memberikan keringanan dalam hal pelunasan uang muka, yakni dengan sistem angsuran sampai jangka waktu tertentu. Dan strategi ini biasanya cukup jitu untuk menarik minat pembeli.

Memang, dulu, sebelum disempurnakan, dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 konsumen harus menyiapkan DP sebesar 30% dari harga rumah. Namun kini setelah disempurnakan, uang muka yang harus disiapkan hanya 15%.

Teliti Pengembangnya

Sementara untuk kepemilikan rumah kedua, uang muka 20% dan untuk rumah ketiga sebesar 30%. Jadi jika harga rumahnya Rp300 juta dan DP yang harus dibayar 15% dari harga rumah. Itu berarti Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp45 juta. Padahal tidak semua orang punya dana sebesar itu di tabungannya.

Malah tambah masalah kan jika harus meminjam uang lagi demi bayar DP rumah? Itulah sebabnya ada beberapa pengembang yang menawarkan program kredit rumah tanpa DP. Bahkan tak jarang, mereka membebaskan Anda dari biaya administrasi lainnya juga. Tapi jangan gegabah, agar kredit rumah tanpa DP Anda aman, sebelumnya teliti dulu pengembangnya, misalnya:

  • Bisa dipercaya karena berbadan hukum sah
  • Punya reputasi baik dengan adanya bukti proyek yang pernah dibuat
  • Tak ada sengketa dalam sejarah pengembang tersebut

Nah, selanjutnya jika Anda ingin kredit rumah tanpa DP? Simak caranya berikut ini.

Cermati Promosi dari Pengembang

Ketika memasarkan produknya, para pengembang biasanya akan memasang sejumlah iklan di billboard, spanduk, atau portal properti terkemuka seperti Rumah.com dengan menawarkan rumah tanpa DP, ready stock, atau bisa dicicil hingga 36 kali.

Strategi ini sebenarnya bisa terjadi karena pengembang telah bekerjasama dengan pihak bank untuk menjual rumah tanpa uang muka. Dibalik kerjasama ini, pengembang sebenarnya telah memiliki tabungan yang ditahan sebesar uang muka konsumen. Jadi uang muka ditanggung oleh developersampai rumah selesai serah terima.

Jadi jika ingin mendapatkan rumah tanpa harus membayar uang muka sepeser pun, celah promosi ini sangat tepat untuk dimanfaatkan.