Enam Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik

Enam Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik

TRIBUNSUMSEL.COM – Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi dua sampai tiga hari sebelum Lebaran. Saat itu, penduduk kota berbondong-bondong menuju kampung halamannya. Jika Anda termasuk pemudik yang hendak melakukan perjalanan, pastikan rumah aman dari pencuri saat Anda pergi.

Anda mungkin sudah tahu untuk menghentikan pengiriman surat kabar langganan dan mengatur sistem keamanan rumah dengan menyalakan alarm. Namun, enam tips ini bisa membuat Anda selangkah lebih maju dari para pencuri saat meninggalkan rumah.

1. Mengamankan kunci

Ambil semua kunci yang Anda pikir sudah disembunyikan dengan baik di luar rumah. Tempat persembunyian kunci yang terlalu umum adalah di bawah keset, batu, atau di bawah pot bunga. Setidaknya, daerah ini akan menjadi area pertama pencuri mencari kunci rumah Anda.

2. Parkir mobil

Anda bisa meminta tetangga yang tidak mudik atau berlibur untuk memarkir mobil mereka di depan rumah saat Anda pergi.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat rumah terlihat seperti masih ada kehidupan, bahkan ketika Anda sedang tidak ada di sana.

3. Perawatan rumput

Rumput halaman yang terawat mencerminkan penghuni rumah tinggal di rumah tersebut. Pastikan sebelum Anda pergi untuk memangkas rumput.

4. Memadamkan dan menyalakan lampu

Lampu adalah indikator paling penting saat menentukan si pemilik ada di rumah atau tidak. Untuk itu, pastikan lampu menyala pada malam hari dan padam saat pagi hari.

Anda bisa mencari lampu LED otomatis yang bisa mendeteksi cahaya. Pasang lampu ini di teras, halaman, dan jalan di depan rumah. Selain itu, jika tidak memungkinkan mengganti bohlam lampu, sekali lagi minta bantuan tetangga untuk berkala memadamkan dan menyalakan lampu.

5. Beritahu tetangga di sekitar

Jika Anda menitipkan rumah atau meminta tolong untuk merawat rumah selama Anda tidak di rumah kepada tetangga, pertimbangkan untuk memberi tahu lebih dari satu tetangga.

Misalnya, jika tinggal di sebuah perumahan, paling tidak, tetangga yang perlu diberitahu bahwa Anda akan bepergian adalah tetangga di depan rumah, kiri, dan depan rumah Anda.

Dengan begitu, secara tidak kasat mata, rumah Anda terjaga dari berbagai sisi. Namun, tentu saja dengan asumsi tetangga tidak mudik atau bepergian juga.

6. Jauhi media sosial

Mengunggah foto-foto yang luar biasa saat liburan Anda di Facebook, Twitter, Path sangat menggoda.

Namun, Anda disarankan untuk melakukkannya setelah sampai di rumah. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan pencuri memantau media sosial untuk mencari tahu di mana Anda berada.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Enam Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik, http://sumsel.tribunnews.com/2015/07/13/enam-tips-rumah-aman-ditinggal-mudik?page=2.

Editor: Yohanes Iswahyudi