Menu Close

Ini Dokumen Yang Diperluin buat Nyicil Rumah

Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang tak semudah mengajukan cicilan produk lainnya. Banyak syarat yang harus dipenuhi membawanya ke bank rekanan.Salah satu hal penting untuk mengajukan KPR adalah dokumen. Dan ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi. Berikut daftarnya:

Untuk karyawan, syarat yang diperlukan adalah mengisi formulir aplikasi pengajuan untuk persetujuan KPR dengan tandatangan pemohon dan pasangan,

  • kopi kartu tanda penduduk (KTP) pemohon dan pasangan (istri/suami),
  • kopi surat nikah/cerai, kopi kartu keluarga,
  • kopi rekening koran/tabungan tiga bulan terakhir,
  • kopi nomor pokok wajib pajak (NPWP), slip gaji terakhir asli/surat keterangan penghasilan dan surat keterangan jabatan,
  • serta kopi dokumen kepemilikan agunan, misalnya sertifikat hak milik atau sertifikat hak guna bangunan (SHM/SHGB), izin mendirikan bangunan (IMB), dan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Apabila rumah tersebut masih dalam pembangunan dan belum tandatangan perjanjian pengikatan jual beli (PPJB), maka sediakan surat pesanan rumah dari pengembang.

Apabila karyawan menyediakan slip gaji, maka profesional harus menyediakan informasi keuangan terakhir dan kopi izin praktik profesi.

Untuk para freelancer yang tidak memiliki izin khusus karena profesi yang dijalankan masih terbilang unik dan baru di Indonesia, maka yang harus disediakan adalah kontrak-kontrak kerja dengan para klien yang mempekerjakan, bukti pembayaran setoran pajak dan mutasi rekening enam bulan hingga satu tahun terakhir.

Untuk wiraswasta, tambahan dokumen yang diperlukan adalah kopi neraca laba rugi, kopi akta pendirian perusahaan, dan izin-izin usaha.

Masa kerja atau usaha juga akan dilihat. Biasanya untuk karyawan, bank akan meminta bukti sudah berapa tahun bekerja di perusahaan tersebut.

Apabila belum satu tahun, maka harus ada bukti surat kerja dari perusahaan sebelumnya dan juga bukti penawaran di tempat kerja yang baru.

Apabila di kantor yang baru Anda sempat mengalami masa percobaan, maka siapkan surat pengangkatan Anda menjadi pegawai tetap. Untuk profesional dan wiraswasta, paling tidak masa usaha Anda minimal dua tahun.

Sumber:Rumah123.com

Perlu bantuan? Chat WA