Menu Close

KOLESTEROL? KENDALIKAN DENGAN CARA ENAK

desain flyer tentang kolesterol dan makanan minuman pengendali kolesterol yang enak. Ada gambar jus jeruk, makanan berbahan daging dan bahan makanan lainnya

Pernah dengar nasihat untuk menghindari jenis makanan tertentu? Sering mendapat nasihat untuk jaga makanan supaya tidak kena kolesterol?

Jadi, sebetulnya kita menghindari koleseterol atau menghindari makanan tertentu supaya tidak kena kolesterol? Yuk kita pelajari sejenak tentang kolesterol ini

Pahami bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik. Sementara yang satu lagi adalah low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut dengan kolesterol jahat.

Tubuh manusia memproduksi kolesterol LDL secara alamiah. Tetapi, pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanan yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan tubuh Anda memiliki jumlah kolesterol LDL yang lebih banyak

Banyak orang yang berpikir bahwa orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak bisa makan makanan enak. Padahal, ada banyak makanan enak sekaligus sehat yang bisa kamu makan tanpa harus takut kadar kolesterol menjadi naik. Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh maupun lemak trans, seperti daging merah dan susu tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Kendalikan dengan cara enak

Jika kamu ingin makan enak dan sehat, kamu bisa mengonsumsi 5 makanan ini. Berikut daftar makanan yang menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Yuk, intip satu per satu

IKAN dan Asam Lemak Omega 3

Ikan yang banyak mengandung minyak dan kandungan asam lemak Omega 3 sangat efektif dalam mengurangi kadar trigliserida, sekaligus mengurangi risiko tekanan darah dan  penggumpalan darah. Pada pasien yang sudah pernah mengalami serangan jantung, diet yang kaya akan lemak Omega 3 bisa mengurangi risiko kematian mendadak

Walaupun lemak Omega 3 tidak langsung berpengaruh pada kadar LDL, efeknya yang baik bagi kesehatan jantung menjadikannya sebagai salah satu rekomendasi oleh The American Heart Association

Porsi yang direkomendasikan adalah dua porsi ikan setiap minggunya. Gunakan metode panggang atau bakar supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik makanan penurun kolesterol ini. Beberapa contoh ikan sebagai makanan penurun kolesterol antara lain sarden, tuna, salmon, dan trout.
Cara paling sehat untuk mengolah ikan yaitu dengan mengukus atau merebusnya. Mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat.


TAHU dan TEMPE

Tak hanya mengandung serat larut dan cairan, tahu, tempe, maupun produk kacang kedelai lainnya juga mengandung senyawa fitokimia seperti saponin, fitosterol, lechitin, dan asam linoleat. Zat-zat tersebut memiliki efek menurunkan kolesterol tinggi, lo!

Tak hanya itu, studi juga menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi produk kedelai cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah serta terhindar dari penyakit jantung koroner maupun stroke.

Protein, isoflavon, lesitin, saponin, dan serat dalam kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Isoflavon tak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol, tapi juga tekanan darah.

Sementara itu, saponin bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol ke dalam sel. Konsumsilah 2 porsi tahu atau susu kedelai per hari dan rasakan efek positifnya.

APEL

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa makan apel dapat memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Manfaat ini diperoleh lewat kandungan polifenol antioksidan yang ditemukan pada kulit apel.

Antioksidan ini sangat penting untuk menghindari terjadinya peradangan dan penumpukan plak di arteri yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Sebab, kolesterol jahat yang berinteraksi dengan radikal bebas akan teroksidasi dan menyebabkan kondisi tersebut.

ALPUKAT

Buah yang satu ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, fitosterol, dan polifenol yang sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Dengan mengganti lemak jenuh dalam diet Anda dengan alpukat atau minyak alpukat, kadar kolesterol bisa turun hingga 15 persen. Alpukat masuk dalam daftar wajib ada di rumah sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh

Bagi mereka yang obesitas, cobalah untuk makan satu alpukat setiap hari selama lima minggu. Setelah itu, Anda akan merasa lebih sehat karena kadar kolesterol jahat menurun drastis.

JUS JERUK

Meski lebih populer sebagai sumber vitamin C, nyatanya jus jeruk juga mengandung fitosterol yang dapat memengaruhi kadar kolesterol secara positif. Fitosterol sebenarnya memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol hewan, tapi dia dapat menghambat penyerapan kolesterol makanan serta membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

TEH HIJAU

Semua jenis teh kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun, teh hijau merupakan jenis teh yang paling kaya antioksidan dan telah menunjukkan hasil terbaik. Beberapa cangkir teh hijau setiap hari akan membantu menciptakan ambang kolesterol yang lebih stabil dan menyehatkan tubuh

TERONG

Selain tak mengandung kolesterol sama sekali, serat di dalam terong – atau terung – efektif untuk melarutkan kolesterol di usus. Di samping itu, kandungan antosianin di dalam terong telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Studi menemukan bahwa cara terbaik mengolah terong adalah dengan mengukusnya. Dengan cara ini, kandungan nutrisi di dalam terong bisa tetap terjaga dengan baik sehingga manfaat yang diberikan juga optimal.

TIMUN

Selain rasanya yang segar dan kaya akan kandungan cairan, timun (atau mentimun) punya manfaat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini karena timun sangat kaya akan serat, sehingga dapat membantu meluruhkan lemak jahat di saluran pencernaan. Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan kalium dan magnesium yang dapat membantu mencegah penyakit darah tinggi alias hipertensi.

Penelitian dalam American Heart Association menunjukkan, potasium pada mentimun dapat menurunkan kadar sodium penyebab meningkatnya tekanan darah

Nah, agar memberikan manfaat optimal, timun sebaiknya dikonsumsi langsung bersama dengan kulitnya. Tidak perlu proses pemanasan apapun, yang penting sudah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebagai lalapan.


HERBA dan BUMBU DAPUR

Makanan penurun kolesterol tidak perlu yang terasa hambar. Gunakan herba dan bumbu dapur seperti basil, cilantrorosemary, jahe, bawang putih, lada, mint, dan daun oregano juga kaya antioksidan serta membantu memperbaiki kadar kolesterol. Dengan tambahan perasa alami ini, diet juga akan semakin mudah dijalani sembari juga mengurangi perasa buatan yang tinggi kandungan lemak jenuh

Cobalah meneguk segelas kunyit asam sesudah atau sebelum makan. Sering disebut juga obat tradisional menurunkan kolesterol. Penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology mengungkapkan, konsumsi 500 gram curcumin (kunyit) per hari selama satu minggu dapat menurunkan kadar LDL sebanyak 33 persen. Kolesterol total para responden juga menurun sebanyak 11,63 persen, dan terjadi peningkatan kolesterol baik HDL sebanyak 29 persen

CEGAH dan KENDALIKAN

Mencegah kolesterol tinggi tidak sesulit yang Anda bayangkan. Selain dimulai dengan tekad yang kuat, bila dilakukan secara konsisten dan penuh semangat, Anda akan menuai manfaat sehatnya hingga usia tua nanti. Selain menerapkan pola hidup sehat, yuk mulai hari ini sisipkan makanan super di atas ke dalam menu makan Anda setiap hari!


Perlu bantuan? Chat WA