Panduan Agar Tetap Nyaman Di Musim Hujan

Sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya belakangan ini mulai diguyur hujan. Ini pertanda, tak lama lagi musim penghujan akan segera tiba. Saat musim hujan, siapa pun rentan mengalami penurunan kondisi imunitas tubuh.

Untuk itu, selain diperlukan kewaspadaan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, Anda pun juga perlu menjaga kebersihan rumah. Sebab, saat musim hujan, rumah akan mudah lembab, dan hal tersebut bisa menjadi tempat bagi kuman untuk berkembang biak hingga menjadi sarang penyakit.

Dan sebelum hujan datang, sebaiknya persiapkan rumah Anda dengan baik untuk melewati musim hujan yang panjang. Seperti dilansir dari laman Realtor, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum dan saat musim hujan tiba:

  1. Persiapkan mesin cuci

Ketika musim hujan mulai datang, pastinya akan sulit untuk menjemur pakaian Anda di bawah sinar matahari. Karena itu ada baiknya jika Anda membersihkan ventilasi pengering pada mesin cuci. Pastikan juga tidak ada serat-serat yang menempel, atau menghambat proses pengeringan pakaian.

Dengan demikian, pakaian akan tetap kering sempurna walaupun mendapatkan sinar matahari yang terbatas.

2. Bersihkan permukaan dinding dan lantai

Dengan suhu udara yang dingin dan lembap terkadang dapat membuat dinding mengelupas dan terjadi pembusukan pada lantai, atau dinding yang terbuat dari kayu. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda membersihkan lantai dan dinding rumah.

Pastikan tidak ada jamur yang menempel, karena dengan suhu yang lembap dapat mempercepat pertumbuhan jamur yang ada pada rumah. Anda juga dapat melapisi dinding dengan cat pelapis anti bocor yang dapat mencegah kebocoran dan genangan air yang menetes dari dinding atau atap.

3. Perhatikan halaman

Memiliki halaman rumah yang nyaman, dan dilengkapi dengan tempat duduk, bisa menjadi area rumah yang nyaman untuk bersantai. Namun saat musim hujan tiba, area ini justru menjadi tempat yang jarang dihuni.

Untuk itu, akan lebih baik jika segala perabot seperti kursi, bantal, atau bahkan sofa, dimasukkan ke dalam rumah agar tidak lembap dan menjadi sarang bakteri akibat tetesan air hujan. Tak hanya itu, furnitur yang terkena air juga akan mudah rusak dan berkarat.

4. Jaga kebersihan rumah

Ketika hujan turun beberapa bagian dalam rumah akan menjadi lembap, seperti kaca jendela dan area-area yang terkena tetesan air hujan secara langsung. Karenanya, selalu bersihkan kaca, untuk meminimalisir rumah dari kelembaban.

Selalu bersihkan area-area yang terkena hujan secara langsung untuk menghindari kecelakaan seperti terpeleset akibat lantai yang licin, menjaga kebersihan pembuangan sampah, serta penyimpanan air untuk mencegah adanya sarang nyamuk dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

Sumber : Rumah.com