Menu Close

Tips Merekam Video Yang Menarik Untuk Tugas Sekolah Anak (Part-1)

Demi memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah menganjurkan untuk menerapkan physical distancing dan work from home. Selain para pekerja, kebijakan pemerintah ini juga diterapkan oleh sekolah dan kampus.

Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau baik sekolah ataupun perguruan tinggi untuk menerapkan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Untuk tugas praktik, semisal hafalan, seringnya guru meminta orangtua untuk mengirimkan foto atau video sang anak.
Nah, ikuti tips berikut ini yuk supaya hasil videonya maksimal dan menambah poin plus untuk anak.

  1. Perhatikan Pencahayaan
    Pencahayaan yang paling baik adalah cahaya matahari. Pastikan ruangan tidak terlalu gelap dan tidak terlalu silau serta jangan membelakangi sumber cahaya.
  2. Gunakan Stabilizer
    Hidupkan fitur stabilizer pada ponsel anda, rekam dengan menggunakan kedua tangan agar ponsel tetap stabil. Jika ada budget lebih anda bisa menggunakan tripod khusus ponsel.
  3. Jangan gunakan digital zoom
    Membesarkan/mendekatkan objek dengan digital zoom akan membuat hasil menjadi pecah, pixelated dan tidak fokus. Jika ingin membesarkan objek di video anda bisa berjalan mendekat secara perlahan dan merekam lebih dekat.
  4. Ketahui posisi mikrofon
    Pastikan mikrofon tidak tertutupi oleh tangan ketika merekam. Rekam video di ruangan yang tidak terlalu berisik, matikan tv atau musik agar suara lebih jelas atau anda bisa menggunakan speaker eksternal atau speaker bluetooth jika suara anak anda cenderung kecil.
  5. Latihan pengambilan video
    Sebelum pengambilan video, latih/contohkan kepada anak apa hal yang harus dilakukan dan disebutkan.
Perlu bantuan? Chat WA